Panitia Kontes Robot Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang
Panitia Kontes Robot Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang

KRSI 2010

Latar Belakang

Pelaksanaan kontes robot yang telah berlangsung setiap tahun selama lebih dari satu dekade di bumi pertiwi, telah melahirkan insan-insan pemikir dan pembuat robot yang berkemampuan tinggi. Kontes robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) merupakan ajang kompetisi kemampuan dari masing-masing perguruan tinggi untuk menunjukkan kepiawaian mahasiswanya dalam merancang, membuat serta memprogram robot-robot ciptaannya dalam kompetisi tersebut.

Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) merupakan suatu ajang kompetisi perancangan dan pembuatan robot yang disertai dengan unsur-unsur seni dan budaya bangsa yang telah terkenal di bumi pertiwi. KRSI pertamakali diadakan pada tahun 2009 yang mengangkat tema Robot Penari Jaipong. Setiap tim peserta yang terdiri dari 3 (tiga) mahasiswa dengan seorang dosen pembimbing, diwajibkan untuk membuat satu atau beberapa robot yang terkoordinasi untuk menampilkan seni budaya yang diinginkan sesuai tema kontes.

Untuk KRSI 2010, sesuai dengan momentum yang tepat dalam gema nasional membangkitkan kecintaan dan pelestarian budaya-budaya nasional maka tema yang diangkat adalah “Robot Penari Pendet”. Kegiatan KRSI 2010 ini dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2010 tingkat nasional pada tanggal 19-20 Juni 2010 yang dikoordinasi dan didanai oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional bekerjasama dengan institusi yang ditunjuk.


Maksud dan Tujuan
Tujuan KRSI 2010 adalah:

  1. Menumbuh-kembangkan dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa di Perguruan Tinggi.
  2. Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ke dalam dunia nyata.
  3. Meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan bidang teknologi robotika.
  4. Meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap seni budaya bangsa.
  5. Membudayakan iklim kompetitif dilingkungan perguruan tinggi.

Tema
Tema Kontes Robot Seni Indonesia 2010 adalah
 

“Robot Penari Pendet”

Tema ini diselaraskan dengan seni budaya asli Bali. Pendet sebagai sebuah tarian dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu tari Pendet sebagai tari wali yang memiliki nilai kesakralan, dan sebagai tari bebalihan atau hiburan.

Tari Pendet wali diketahui telah berkembang sejak jaman dahulu di Bali tanpa diketahui siapa pencipta pertamanya sekaligus yang mempopuler kannya. Dari segi gerakan tari Pendet wali digolongkan sebagai tarian yang cukup sederhana karena hanya menerapkan gerakan-gerakan dasar tari Bali yaitu, ngagem (kuda-kuda), ngleyek (gerakan tangan), dan nyledet (gerakan/lirikan mata ke kanan dan ke kiri). Pendet wali yang penarinya terdiri dari laki-laki dan wanita yang belum akil baliq ini menurut sejarahnya ditarikan sebagai wujud atau simbol dari bidadari yang sedang menari yang merupakan kesenangan para dewata.

Sedangkan tari Pendet bebalihan diketahui sebagai bentuk tari Pendet wali yang disesuaikan sebagai bentuk tari hiburan, seperti misalnya sebagai tari penyambutan tamu. Bentuk gerakan dasarnya relatif sama, yaitu menggunakan tiga dasar gerakan ngagem, ngleyek dan nyledet. Perbedaanya hanya terletak pada penarinya yang menggunakan baju seragam yang sama (dan semuanya biasanya wanita), sedang pada tari Pendet wali penarinya adalah laki-laki dan wanita. Perbedaan lain, jika bokor yang dipegang oleh penari Pendet wali adalah berisi canang pependetan maka pada Pendet bebalihan berisi bunga-bunga yang pada akhir tarian akan dilemparkan (tetamburan) ke arah penonton.


Sistem Perlombaan

  • Setiap tim diharuskan membuat satu robot otomatis yang mampu melakukan gerakan menari mengikuti musik kesenian gamelan pengiring tari Pendet dari Bali.
  • Robot penari harus menyerupai struktur tubuh manusia dengan tinggi (diukur di posisi kepala) minimum 50cm dan maksimum 75cm dengan berat total maksimum 30kg. Tegangan catudaya yang digunakan harus tegangan DC dari sumber tegangan baterai di tubuh robot dengan besar tegangan tidak dibatasi.
  • Robot harus dapat menari di atas arena persegi-panjang berwarna merah atau biru berukuran (200 x 200)cm yang memiliki garisputih di permukaannya selebar 3cm berbentuk jalur tertentu yang berfungsi sebagai pemandu gerakan. Gerakan tari harus dilakukan berdasarkan irama gamelan pengiring dengan cara mendengarkan langsung dari sistem audio gedung lomba menggunakan sensor (tanpa kabel).
  • Musik gamelan pengiring tari robot adalah gamelan khas tari Pendet bebalihan yang disediakan oleh panitia.
  • Waktu yang disediakan untuk setiap unjuk kebolehan tari dalam lomba ini adalah 3 menit sesuai dengan panjang atau durasi irama gamelan pengiring.
  • Setiap tim hanya diberikan kesempatan “retry” satu kali dalam setiap sesi lomba.

Peraturan selengkapnya dapat dibaca pada lampiran C dari buku panduan ini.

Peserta dan Pendaftaran

KRSI 2010 hanya boleh diikuti oleh tim dari institusi atau Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Setiap tim harus terdiri dari 3(tiga) mahasiswa aktif dan satu dosen pembimbing. Setiap tim harus mengajukan proposal ke panitia KRSI 2010 dengan persetujuan Wakil Rektor/Ketua/Direktur/Dekan Bidang Kemaha-siswaan masing-masing perguruan tinggi. Formulir pengajuan (Application Form) dapat dilihat pada lampiran B.

Proposal merupakan pendaftaran awal yang harus diajukan kepada Panitia KRSI 2010. Setiap tim harus mengirimkan 1(satu) set proposal ke alamat penyelenggara melalui pos/paket kilat dan selambat-lambatnya sudah diterima panitia tanggal 31 Desember 2009. Setiap Institusi/Perguruan Tinggi hanya diperkenankan untuk mengirim satu Tim peserta KRSI saja. Semua proposal yang masuk ke sekretariat panitia akan melalui evaluasi.

Tim Peserta yang lolos evaluasi dan mengikuti Kontes Nasional KRSI–2010 akan mendapatkan dana bantuan pembuatan robot sebesar Rp 10.000.000,- (Sepuluh Juta rupiah) dari panitia, biaya transportasi kelas ekonomi dari perguruan tinggi ke tempat pelaksanaan Kontes Nasional KRSI dan akomodasi Tim (3 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing) selama 4(empat) hari.


Proses Evaluasi
Evaluasi dilakukan dalam dua tahap.

  • Tahap pertama:

Evaluasi tahap pertama merupakan evaluasi administratif. Proposal yang diterima dan disetujui oleh panitia akan diberitahukan kepada peserta melalui surat pemberitahuan ke alamat masing-masing paling lambat 2(dua) minggu setelah batas akhir penerimaan proposal. Informasi ini juga ditampilkan pada website KRSI 2010.


  • Tahap kedua:

Evaluasi tahap kedua dilakukan melalui laporan kemajuan dan perkembangan pembuatan robot yang telah dilakukan. Tim Juri akan mengevaluasi kesiapan calon peserta untuk mengikuti KRSI 2010 mengacu pada kriteria evaluasi yang telah ditentukan.


Kriteria Evaluasi Peserta

Untuk keperluan evaluasi tahap kedua, setiap calon peserta yang telah mendaftar atau yang telah ditunjuk, diwajibkan untuk mengirimkan laporan kemajuan dan perkembangan pembuatan robot dalam sebuah CD kepada panitia, berisi formalitas tim berupa sebuah foto robot dan anggota Tim berlatar belakang Institusi, presentasi powerpoint dan satu rekaman video dengan durasi maksimal 5(lima) menit. Video harus menunjukkan aktivitas robot seni otomatis yang telah dibuat.

Setiap Tim diwajibkan mengirimkan bahan-bahan tersebut dalam 1(satu) CD dengan label yang jelas beserta surat pengantar dari Pembantu/Wakil/Direktur/Ketua/Dekan/Rektor, dan harus sudah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 12 Maret 2010. Kriteria evaluasi yang digunakan adalah:

  • Rancangan Mekanik Robot
  • Sistem Kontrol Robot dan algoritma
  • Strategi mendeteksi dan mensinkronkan gerakan dengan musik.
  • Sensor dan Rangkaian Interface

Penghargaan

Panitia menyediakan penghargaan bagi Tim peserta Juara Pertama, Juara Kedua, Juara Ketiga, Desain terbaik, Algoritma terbaik dan penghargaan lain yang ditentukan oleh panitia.


Waktu dan Tempat Pelaksanaan

KRSI-2010 akan dilaksanakan dua tahap, KRSI-2010 Tahap pertama dilaksanakan pertandingan secara Regional bertempat di lima kota, yaitu, Pangkal Pinang, Bandung, Yogyakarta, Malang dan Menado, dengan jadwal sebagai berikut :

  1. Tanggal 30 April-1 Mei 2010, Wilayah 1, di Pangkal Pinang.
  2. Tanggal 09-10 Mei 2010, Wilayah 2, di Bandung.
  3. Tanggal 15-16 Mei 2010, Wilayah 3, di Yogyakarta
  4. Tanggal 22-23 Mei 2010, Wilayah 4, di Malang.
  5. Tanggal 29-30 Mei 2010, Wilayah 5, di Manado.

Kontes Nasional KRSI 2010 akan dilaksanakan pada tanggal 19-20 Juni 2010 bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang di kota Malang.


Jadwal kegiatan KRSI 2010 adalah sebagai berikut:

Kegiatan
Sep '09
Okt '09
Nov '09
Des '09
Jan '10
Feb '10
Mar '10
Apr '10
Mei '10
Jun '10
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Pembuatan aturan kontes
                                                                             
2
Pemberitahuan awal
                                                                             
3
Seminar dan sosialisasi
                                                                             
4
Proposal masuk
                                                                             
5
Evaluasi dan persetujuan proposal
                                                                             
6
Proses pembuatan robot
                                                                             
7
Laporan pengajuan
                                                                             
8
Evaluasi tahap 2
                                                                             
9
Pengumuman hasil evaluasi tahap 2
                                                                             
10
Seleksi tingkat regional
                                                                             
11
Pengumuman hasil seleksi Nasional
                                                                             
12
Pendataan ulang
                                                                             
13
Pelaksanaan KRI-KRCI-KRSI 2010
                                                                             


Kegiatan dan tanggal penting yang harus diingat:

Kegiatan
Jadwal
1
Batas akhir proposal masuk
31 Desember 2009
2
Pengumuman peserta regional tahap awal
15 Januari 2010
3
Batas akhir laporan kemajuan
12 Maret 2010
4
Pengumuman peserta regional
26 Maret 2010
5
Seleksi tingkat regional
 
 
    Wilayah I
30 April - 1 Mei 2010
 
    Wilayah II
7 - 8 Mei 2010
 
    Wilayah III
15 - 16 Mei 2010
 
    Wilayah IV
22 - 23 Mei 2010
      Wilayah V
29 - 30 Mei 2010
6
Pengumuman peserta nasional
4 Juni 2010
7
Pendaftaran ulang
7 - 11 Juni 2010
8
Pelaksanaan KRI-KRCI-KRSI 2010
19 - 20 Juni 2010
Shared: