Panitia Kontes Robot Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang
Panitia Kontes Robot Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang

KRI 2010

Latar Belakang

Tahun 2010 Indonesia kembali akan mengikuti kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon 2010 yang akan berlangsung di Cairo, Mesir, pada tanggal 19 September tahun 2010, dimana Tim Robot Indonesia akan berkompetisi dengan 20 tim Robot luar negeri. Lomba tersebut merupakan lomba yang ke-sembilan yang akan diselenggarakan di Mesir dengan peserta dari negara-negara anggota Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU). ABU adalah organisasi penyiaran dikawasan negara-negara Asia Pasifik yang beranggotakan lebih dari seratus stasiun televisi dan radio dari lima puluh Negara. Dalam hal ini Indonesia diwakili oleh Televisi Republik Indonesia sebagai anggota.

Tim yang mewakili Indonesia akan dipilih melalui seleksi dalam Kontes Robot Indonesia 2010 (KRI- 2010) yang akan diselenggarakan secara bertahap dimulai dengan Kontes Regional pada 5(lima) wilayah yaitu Pangkal pinang, Bandung, Yogyakarta, Malang dan Manado. Pemenang dari kelima Kontes Regional akan diikutsertakan dalam Kontes Nasional KRI-2010 yang akan berlangsung pada tanggal 19-20 Juni 2010 di kota Malang. Dua puluh empat tim dari perguruan tinggi yang memenuhi persyaratan dan lolos seleksi regional dapat berpartisipasi dalam kegiatan Nasional KRI-2010. Ketentuan pertandingan KRI-2010 mengacu kepada aturan baku dari ABU Robocon 2010, dimana setiap tim terdiri dari 3(tiga) orang mahasiswa dan 1(satu) orang dosen pembimbing, yang akan merancang, membuat, mengoperasikan dan mengatur strategi robot manual dan robot otomatis yang akan digunakan.

Kegiatan tersebut pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, bekerjasama dengan Institusi yang ditunjuk untuk pelaksanaan kontes regional, dan khusus untuk Kontes Nasional KRI-2010 bekerja sama dengan perguruan tinggi yang ditunjuk untuk pelaksanaan Kontes Nasional. Tujuan dari kontes robot ini adalah untuk menumbuh kembangkan kreatifitas dan minat para mahasiswa dalam teknologi maju, khususnya teknologi robotika yang sangat dibutuhkan bagi industri.


Maksud dan Tujuan
Tujuan KRI-2010 adalah:

  1. Menumbuh-kembangkan dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa di Perguruan Tinggi
  2. Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ke dalam dunia nyata
  3. Meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan bidang teknologi robotika
  4. Membudayakan iklim kompetitif dilingkungan perguruan tinggi
  5. Menentukan tim terbaik dari lima wilayah sebagai wakil untuk mengikuti kontes nasional KRI-2010 di kota Malang.
  6. Menentukan duta bangsa untuk mewakili Indonesia dalam ABU Robocon 2010 di Cairo -Mesir.

Tema
Tema untuk Kontes Robot Indonesia 2010 adalah
 

“Bersama Membangun Candi Prambanan”

Tema ini diselaraskan dengan tema yang telah ditentukan oleh ABU Robocon 2010 yaitu
 

“Robo-Pharaohs Build Pyramids”

Sistim Pertandingan

  • Setiap tim diharuskan membuat satu robot manual, satu sampai tiga buah robot otomatis, berat total seluruh robot tidak boleh melebihi 50 kg, dan batas tegangan catudaya tidak melebihi 24 V.
  • Ukuran lapangan 13000mm x 11500mm, berbentuk persegi, dikelilingi dinding kayu setinggi 100mm dan tebal 30mm, terdiri dari Manual zone, dua Automatic zone, dan tiga pyramid (Khufu, Khafraa and Mankaura).
  • Automatic zone pertama adalah daerah yang mengelilingi pyramid Khafraa dan automatic zone kedua adalah daerah yang mengelilingi pyramid Mankaura.
  • Automatic zone pertama (pyramid khufu dan khafraa) memiliki dua start-zone dan satu stock-zone untuk masing-masing tim biru dan tim merah. Automatic zone kedua (pyramid Mankaura) terdiri dari satu start-zone dan satu stock-zone untuk masing-masing tim biru dan tim merah. Masing-masing tim bebas untuk menentukan bagaimana menyusun objek di stock-zone.
  • Pada saat start, ukuran robot manual yang digunakan tidak melebihi (L)1000mm x (W)1000mmx(H)1500mm. Setelah berjalan, ukurannya tidak melebihi lingkaran berdiameter 2000mm dilihat dari atas. Sedangkan ukuran robot otomatis termasuk muatan balok yang diisikan, tidak boleh melebihi 1000mmx1000mmx1500mm pada saat start, dan setelah start ukuran nya bebas selama pertandingan berlangsung.
  • Robot manual dapat diisi dengan objek maksimum empat balok sedangkan robot otomatis dapat diisi dengan objek sebanyak-banyaknya sebelum pertandingan dimulai.
  • Semua robot difungsikan untuk membangun ketiga pyramid dalam tiga tahapan berurutan
  • Pada Tahap Pertama hanya digunakan robot manual untuk membangun piramid Khufu, Tahap kedua untuk membangun pyramid khafraa dengan satu atau dua robot otomatis, dan Tahap ketiga untuk membangun pyramid mankaura dengan satu robot otomatis.
  • Waktu pertandingan selama 3(tiga) menit, terbagi menjadi maksimal 90 detik untuk tahap pertama, maksimal 60 detik untuk tahap kedua dan maksimal 30 detik untuk tahap ketiga.
  • Bagi tim yang dapat memasang ketiga golden top block diatas ketiga piramid dengan benar sebelum tiga menit berakhir dinyatakan sebagai pemenang dan robot tim tersebut disebut sebagai ”Robo-Pharaoh”. Jika tidak ada Tim yang mencapai ”Robo-Pharaoh”, maka tim yang mengumpulkan nilai paling banyak dalam waktu 3(tiga) menit tersebut akan dinyatakan sebagai pemenang dalam pertandingan tersebut.
  • Setiap tim diberikan kesempatan untuk ”retry” beberapa kali tanpa batas.
  • Pertandingan pada babak penyisihan menggunakan sistem setengah kompetisi, pertandingan babak selanjutnya menggunakan sistem gugur.

Peraturan selengkapnya dapat dibaca pada lampiran A dari buku panduan ini.

Waktu dan tempat Pelaksanaan

KRI-2010 akan dilaksanakan dua tahap, KRI-2010 Tahap pertama dilaksanakan pertandingan secara Regional bertempat di lima kota, yaitu, Pangkal Pinang, Bandung, Yogyakarta, Malang dan Menado, dengan jadwal sebagai berikut :

  1. Tanggal 30 April-1 Mei 2010, Wilayah 1, di Pangkal Pinang.
  2. Tanggal 09-10 Mei 2010, Wilayah 2, di Bandung.
  3. Tanggal 15-16 Mei 2010, Wilayah 3, di Yogyakarta
  4. Tanggal 22-23 Mei 2010, Wilayah 4, di Malang.
  5. Tanggal 29-30 Mei 2010, Wilayah 5, di Manado

Tahapan Evaluasi Peserta

Evaluasi dilakukan dalam beberapa tahap yaitu:
  1. Evaluasi tahap pertama merupakan evaluasi administratif. Proposal yang diterima dan disetujui oleh panitia pusat akan diberitahukan kepada peserta melalui surat pemberitahuan ke alamat masing-masing paling lambat 2(dua) minggu setelah batas akhir penerimaan proposal dan melalui website DP2M DIKTI. Evaluasi tahap kedua dilakukan melalui laporan kemajuan dalam rekaman CD yang dikirimkan peserta dengan ketentuan seperti pada evaluasi peserta.
  2. Seleksi tingkat regional, dilakukan melalui pertandingan tingkat regional yang akan dilaksanakan di lima tempat. Wilayah I bertempat di Pangkal Pinang, Bangka-Belitung, Wilayah II bertempat di Bandung, Wilayah III bertempat di Yogyakarta, Wilayah IV bertempat di Malang dan Wilayah V bertempat di Manado.
  3. Peserta yang lolos seleksi tingkat regional dan mengikuti KRI–2010 tingkat nasional akan mendapatkan dana bantuan pembuatan robot sebesar Rp 5,000,000,-(lima Juta Rupiah) dari panitia, biaya transportasi kelas ekonomi dari perguruan tinggi ke tempat pelaksanaan KRI Nasional dan akomodasi Tim (3 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing) selama 4 (empat) hari.

Proses Evaluasi Peserta

Untuk keperluan evaluasi tahap kedua, setiap calon peserta yang telah terdaftar diwajibkan untuk mengirimkan laporan kemajuan dan perkembangan pembuatan robot dalam sebuah CD kepada panitia pusat. CD berisi formalitas tim berupa sebuah foto robot dan anggota Tim berlatar belakang Institusi, presentasi powerpoint dan satu rekaman video dengan durasi maksimal 5(lima) menit. Video harus menunjukkan kemampuan maksimal aktivitas robot manual dan robot otomatis.

Setiap Tim diwajibkan mengirimkan bahan-bahan tersebut dalam 1(satu) CD dengan label yang jelas dalam amplop pelindung yang baik agar kualitas CD terjamin, disertai dengan surat pengantar dari Pembantu/Wakil/Direktur/Ketua/Dekan/Rektor dan harus diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 12 Maret 2010.

Kriteria evaluasi yang digunakan adalah :

  • Rancangan Mekanik Robot.
  • Sistem Kontrol Robot.
  • Strategi pengangkatan balok dan pembangunan piramid.
  • Sensor dan Rangkaian Interface.
  • Kemampuan Maksimal Robot sampai pada tahapan evaluasi ini.

Penghargaan

Panitia menyediakan penghargaan bagi Tim Robot Juara Pertama, Juara Kedua, Juara Ketiga, Juara Harapan, Desain terbaik, Strategi terbaik dan penghargaan lain yang akan ditentukan oleh panitia kemudian.

Juara kontes Nasional KRI-2010 akan mewakili Indonesia dalam ABU Robocon 2010 yang dilaksanakan pada tanggal 19 September 2010 di Cairo, Mesir, dan menerima piala bergilir Kontes Robot Indonesia Sambhawana Pratimacala.


Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan KRI-2010 adalah sebagai berikut:
 

Kegiatan
Sep '09
Okt '09
Nov '09
Des '09
Jan '10
Feb '10
Mar '10
Apr '10
Mei '10
Jun '10
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Pembuatan aturan kontes
                                                                             
2
Pemberitahuan awal
                                                                             
3
Seminar dan sosialisasi
                                                                             
4
Proposal masuk
                                                                             
5
Evaluasi dan persetujuan proposal
                                                                             
6
Proses pembuatan robot
                                                                             
7
Laporan pengajuan
                                                                             
8
Evaluasi tahap 2
                                                                             
9
Pengumuman hasil evaluasi tahap 2
                                                                             
10
Seleksi tingkat regional
                                                                             
11
Pengumuman hasil seleksi Nasional
                                                                             
12
Pendataan ulang
                                                                             
13
Pelaksanaan KRI-KRCI-KRSI 2010
                                                                             

Kegiatan dan tanggal penting yang harus diingat:
 

Kegiatan
Jadwal
1
Proposal Akhir
30 Desember 2009
2
Pengumuman peserta regional tahap awal
8 Januari 2010
3
Laporan kemajuan
12 Maret 2010
4
Pengumuman peserta regional tahap akhir
26 Maret 2010
5
Seleksi tingkat regional
 
 
    Wilayah I
30 April - 1 Mei 2010
 
    Wilayah II
7 - 8 Mei 2010
 
    Wilayah III
15 - 16 Mei 2010
 
    Wilayah IV
22 - 23 Mei 2010
      Wilayah V
29 - 30 Mei 2010
6
Pengumuman peserta nasional
4 Juni 2010
7
Pendaftaran ulang
7 - 11 Juni 2010
8
Pelaksanaan KRI-KRCI-KRSI 2010
19 - 20 Juni 2010
Shared: