Panitia Kontes Robot Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang
Panitia Kontes Robot Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang

KRCI 2010

Latar Belakang

Indonesia telah mengadakan beberapa kali Kontes Robot Indonesia (KRI), dimana pemenangnya sebagai wakil Indonesia untuk mengikuti kontes robot tingkat internasional yang diselenggarakan di beberapa negara Asia seperti Jepang, Thailand, Korea Selatan, Cina, Malaysia, Vietnam dan lain-lain. Bahkan salah satu peserta yang mewakili Indonesia pada tahun 2001 yaitu tim B-Cak dari PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) pernah memenangkan Juara Pertama pada Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon yang diselenggarakan di Koriyama, Fukushima–Jepang.

Kegiatan KRI tersebut telah diselenggarakan secara berkala tiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi cq. Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat terutama guna mendorong penguasaan teknologi maju bagi para mahasiswa teknik di Indonesia. Pada saat penyelenggaraan KRI Tahun 2003, dirasakan perlunya suatu jenis kontes robot serupa yang secara khusus memiliki kecerdasan buatan. Oleh karena itu, pada tahun 2004 diselenggarakanlah Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) untuk yang pertamakalinya guna mendorong peningkatan kualitas robot terutama pada sistem kontrolnya.

Penyelenggaraan KRCI ini, diharapkan dapat berjalan secara paralel dan saling melengkapi dengan penyelenggaraan KRI dimasa-masa mendatang, sehingga diharapkan kemampuan robot yang akan ikut dalam kontes robot tersebut akan semakin meningkat secara tajam. Keberhasilan penyelenggaraan KRCI selama ini dapat dibuktikan dengan perolehan medali Emas pada kontes robot Internasional ROBOGAMES di San Francisco, Amerika Serikat, Juni 2009 yang lalu yang disumbangkan oleh Tim KRCI dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung.

Format aturan pertandingan dalam KRCI 2010 dipilih dari aturan kontes robot sejenis yang telah diselenggarakan secara teratur di negara maju yaitu Intelligent Fire-Fighting Robot Contest yang diselenggarakan oleh Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat dan telah berlangsung lebih dari empat belas tahun. Dengan demikian pemenang dari Kontes Robot Cerdas ini berpeluang untuk mengikuti kontes serupa pada tahun 2010 di Amerika Serikat.


Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan KRCI 2010 adalah:

  1. Menumbuh kembangkan dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa di Perguruan Tinggi.
  2. Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi kedalam dunia nyata.
  3. Meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan bidang teknologi robotika.
  4. Membudayakan iklim kompetisi dilingkungan perguruan tinggi.
  5. Mendukung pengembangan dan penggunaan sistem kontrol yang lebih maju pada rancangan robot.

Tema
Tema untuk Kontes Robot Cerdas Indonesia 2010 adalah:
 

“Robot Cerdas Pemadam Api Dan Robot Cerdas Pemain Bola”

Divisi
KRCI 2010 dibagi dalam 3 Divisi, yaitu:

  • Divisi Beroda:

Suatu divisi dimana robot menggunakan roda sebagai alat geraknya dengan misi mencari dan memadamkan api pada arena lapangan. Pada divisi ini yang diutamakan adalah kecepatan dan kemampuan robot dalam bernavigasi dan bermanuver dalam mencari dan memadamkan api di suatu arena dengan peta tertentu. Tim yang berhasil menemukan dan memadamkan api tercepat dinyatakan sebagai pemenang.


  • Divisi Berkaki:

Sama halnya dengan Divisi Senior Beroda, hanya saja robot menggunakan kaki sebagai alat geraknya.


  • Divisi Battle:

Divisi ini mempertandingkan 2 tim robot yang masing-masing terdiri dari 2 robot disatu arena. Pertandingan bertujuan mencari bola, membawa dan memasukkannya kedalam suatu wadah. Tim yang memasukkan bola terbanyak dan tercepat dinyatakan sebagai pemenang. Divisi ini merupakan peleburan dari 2 divisi tahun sebelumnya yaitu divisi Expert Single dan divisi Expert Battle.


Pertandingan

  • KRCI 2010 diselenggarakan dalam 2 tingkatan pertandingan yaitu Tingkat Regional dan Tingkat Nasional.
  • KRCI Tingkat Regional akan diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia, untuk lebih jelas tentang tempat lihat pada bahasan (Waktu dan Tempat).
  • Panitia Nasional akan mengumpulkan proposal, menentukan dan mengumumkan wilayah dimana peserta dari Perguruan Tinggi seluruh Indonesia akan bertanding.
  • Pemenang KRCI tingkat Regional berpeluang untuk ikut pertandingan KRCI tingkat Nasional (lebih jelas lihat Evaluasi).
  • Peraturan pertandingan tingkat Regional dan Nasional adalah sama.
  • Untuk Divisi Beroda, Berkaki, sistem pertandingan mengacu pada aturan pertandingan Internasional di Trinity College, Hartford, Connecticut, USA, dengan beberapa penyesuaian dengan kondisi di Indonesia. Untuk Divisi Battle menerapkan sepenuhnya aturan yang dikeluarkan oleh Panitia KRCI 2010. Untuk lebih jelasnya lihat Lampiran.

Peserta

  • KRCI Regional dan Nasional dapat diikuti oleh baik peserta mahasiswa dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.
  • Satu Tim KRCI Beroda dan Berkaki terdiri dari 2 (dua) mahasiswa dan 1 (satu) dosen pembimbing.
  • Satu Tim KRCI Battle terdiri dari 3 (tiga) mahasiswa dan 1 (satu) dosen pembimbing.
  • Tim peserta mahasiswa bisa mengikutkan robot yang berbeda pada ketiga divisi yang ada.

Pendaftaran

  • Peserta mahasiswa yang ingin mendaftar diwajibkan mengirimkan proposal pengajuan ke Panitia KRCI 2010. Proposal ini merupakan syarat administratif pendaftaran dan tidak dipungut biaya. Peserta diwajibkan memenuhi format dan ketentuan yang berlaku, bila tidak, berdampak pada penolakan proposal.
  • Tim mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri dan/atau Swasta dapat mengajukan proposal ke Panitia KRCI 2010 dengan persetujuan Wakil atau Pembantu Rektor/Ketua/Direktur/Dekan Bidang Kemahasiswaan masing-masing perguruan tinggi.
  • Format proposal dan Alamat dapat dilihat pada Lampiran.
  • Proposal diterima paling lambat (lihat Waktu dan Tempat).
  • Proposal yang lolos akan diumumkan kepada peserta melalui surat pemberitahuan ke alamat masing-masing.
  • Tim yang proposalnya telah lolos berhak untuk mengikuti KRCI tingkat Regional mengacu pada waktu dan tempat yang telah ditentukan oleh wilayahnya masing-masing (lihat Waktu dan Tempat).

Evaluasi
Evaluasi dilakukan dalam beberapa tahap sebagai berikut:

  • Tahap 1 Evaluasi proposal:
Proposal yang terkumpul akan dievaluasi secara administratif dan akan dipergunakan sebagai syarat pendaftaran. Proposal yang diterima dan disetujui oleh panitia akan diberitahukan kepada peserta melalui surat pemberitahuan ke alamat masing-masing paling lambat 2 (dua) minggu setelah batas akhir penerimaan proposal.
 
  • Tahap 2 Evaluasi laporan kemajuan:
Untuk peserta yang sudah terdaftar, diwajibkan untuk mengirimkan laporan kemajuan kepada panitia dalam bentuk CD dan diterima selambat-lambatnya (lihat Waktu dan Tempat). CD harus berisi:
  1. Foto Robot dan anggota tim dengan latar belakang Perguruan Tinggi masing-masing.
  2. Clip video yang membuktikan bahwa robot sudah terealisir dan berfungsi, maks 5 menit/tim (gunakan format video yang umum: mpg, avi, dan lain-lain).
  3. File Presentasi Power Point (softcopy).

Catatan: Bagi peserta mahasiswa, CD dikirim dengan pengantar dari Wakil atau Pembantu Rektor/Ketua/Direktur/Dekan Bidang Kemahasiswaan masing-masing perguruan tinggi.

Pada tahap ini, evaluasi dilakukan dengan melihat clip video yang diterima. Tunjukkan minimal robot sudah dapat bernavigasi, bergerak dari home, mencari lilin dan mematikannya. Hasil evaluasi tahap ini akan diumumkan kepada peserta dan Panitia Regional melalui surat dan website paling lambat 2 minggu setelah batas akhir penerimaan laporan kemajuan. Bagi peserta yang diterima, berhak untuk mengikuti pertandingan tahap regional.


  • Tahap 3 Pertandingan Regional:
Pada tahap ini, Panitia Nasional akan memantau langsung jalannya pertandingan regional di kota-kota yang telah ditetapkan (lihat Waktu dan Tempat) untuk memastikan bahwa pertandingan, sistem penilaian dan penentuan pemenang berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hasil pertandingan Regional ini akan dibawa ke Pusat untuk dievaluasi.

  • Tahap 4 Evaluasi hasil pertandingan regional:
Tim-tim yang berhak untuk maju ke tingkat Nasional ditentukan sebagai berikut:
  • Pemenang KRCI tingkat Regional, yaitu Juara ke-1, ke-2 dan ke-3 untuk masing-masing Divisi berpeluang untuk ikut pertandingan KRCI tingkat Nasional.
  • Bila pada suatu Divisi disalah satu Wilayah terdapat posisi juara yang tidak memiliki pemenang, maka untuk pertandingan tingkat nasional, Panitia Nasional berhak menentukan tim pengganti berdasarkan hasil ranking seluruh nilai pertandingan Regional dan evaluasi kinerja robot. Dengan demikian, tim-tim yang tidak menjadi juara 1, 2, dan 3 di suatu wilayah tertentu masih berpeluang untuk maju ketingkat Nasional.
  • Hasil evaluasi tahap ini akan diumumkan kepada peserta melalui surat dan website paling lambat 1 minggu setelah seluruh pertandingan Regional diselesaikan. Bagi peserta yang diterima, berhak untuk mengikuti pertandingan tingkat Nasional.
 
  • Tahap 5 Pertandingan Nasional:
Evaluasi dan hasil pertandingan tingkat Nasional akan diumumkan disaat acara Penutupan hari itu juga.

Penggantian

Peserta mahasiswa yang lolos ke tingkat Nasional dan mengikuti pertandingan KRCI 2010 akan mendapatkan dana bantuan pembuatan robot dari panitia sebesar Rp 3.000.000,- per Tim dan penggantian biaya transportasi serta akomodasi Tim selama 4 hari.


Penghargaan

Panitia menyediakan piala bagi Juara pertama, kedua dan ketiga untuk setiap Divisi. Panitia juga memberikan penghargaan kepada peserta dengan Inovasi Terbaik, dan penghargaan lain yang akan ditentukan kemudian oleh Panitia.


Waktu dan Tempat

KRCI-2010 akan dilaksanakan dua tahap, KRCI-2010 Tahap pertama dilaksanakan pertandingan secara Regional bertempat di lima kota, yaitu, Pangkal Pinang, Bandung, Yogyakarta, Malang dan Menado, dengan jadwal sebagai berikut :

  1. Tanggal 30 April-1 Mei 2010, Wilayah 1, di Pangkal Pinang.
  2. Tanggal 09-10 Mei 2010, Wilayah 2, di Bandung.
  3. Tanggal 15-16 Mei 2010, Wilayah 3, di Yogyakarta
  4. Tanggal 22-23 Mei 2010, Wilayah 4, di Malang.
  5. Tanggal 29-30 Mei 2010, Wilayah 5, di Manado

Kegiatan
Sep '09
Okt '09
Nov '09
Des '09
Jan '10
Feb '10
Mar '10
Apr '10
Mei '10
Jun '10
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Pembuatan aturan kontes
                                                                             
2
Pemberitahuan awal
                                                                             
3
Seminar dan sosialisasi
                                                                             
4
Proposal masuk
                                                                             
5
Evaluasi dan persetujuan proposal
                                                                             
6
Proses pembuatan robot
                                                                             
7
Laporan pengajuan
                                                                             
8
Evaluasi tahap 2
                                                                             
9
Pengumuman hasil evaluasi tahap 2
                                                                             
10
Seleksi tingkat regional
                                                                             
11
Pengumuman hasil seleksi Nasional
                                                                             
12
Pendataan ulang
                                                                             
13
Pelaksanaan KRI-KRCI-KRSI 2010
                                                                             


Kegiatan
Jadwal
1
Batas akhir proposal masuk
31 Desember 2009
2
Pengumuman peserta regional tahap awal
8 Januari 2010
3
Batas akhir laporan kemajuan
12 Maret 2010
4
Pengumuman peserta regional
26 Maret 2010
5
Seleksi tingkat regional
 
 
    Wilayah I
30 April - 1 Mei 2010
 
    Wilayah II
7 - 8 Mei 2010
 
    Wilayah III
15 - 16 Mei 2010
 
    Wilayah IV
22 - 23 Mei 2010
      Wilayah V
29 - 30 Mei 2010
6
Pengumuman peserta nasional
4 Juni 2010
7
Pendaftaran ulang
7 - 11 Juni 2010
8
Pelaksanaan KRI-KRCI-KRSI 2010
19 - 20 Juni 2010

Akomodasi

  • Akomodasi peserta kontes, akan menggunakan tempat yang akan ditentukan kemudian oleh panitia.
  • Peserta mahasiswa Tingkat Nasional akan mendapatkan biaya transportasi kelas ekonomi dari perguruan tinggi ke tempat pelaksanaan KRCI dan akomodasi Tim (2 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing untuk Divisi Beroda dan Berkaki atau 3 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing untuk Divisi Battle) selama 4 hari.
  • Panitia menyediakan informasi mengenai fasilitas akomodasi yang ada di dekat tempat penyelenggaraan.
Shared: