Panitia Kontes Robot Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang
Panitia Kontes Robot Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang

Koordinasi Kepanitiaan Robot

Author : Administrator | Selasa, 04 Mei 2010 17:56 WIB
Tahun 2010 merupakan tahun yang spesial untuk Universitas Muhammadiyah Malang(UMM). UMM kembali mendapatkan kepercayaan dalam penyelenggaraan event yang bertaraf nasional. Event yang bertajuk Kontes Robot Indonesia kembali hadir di lingkungan Universitas Muhammadiyah pada akhir mei hingga bulan juli 2010. Sebelumnya, UMM juga pernah menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan event yang sama pada tahun 2006.

Pada Kontes Robot Indonesia 2010, akan dilombakan robot dalam beberapa kategori. Kategori-kategori tersebut meliputi Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia(KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia(KRSI). Dari ketiga kategori tersebut, dua diantaranya, yakni KRI dan KRCI dilaksanakan melalui tahap regional kemudian diseleksi untuk menuju ke tahap nasional. Sedangkan KRSI hanya dilaksanakan pada kontes tingkat nasional saja.

Kesibukan-kesibukan kini tengah terlihat pada kawasan Gedung Kuliah Bersama (GKB) III kampus 3 UMM, yang khususnya pada zona area fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang. Beberapa transportasi datang secara bergantian membawa material material persiapan lomba. Material-material ini diantaranya adalah kelengkapan lapangan lomba yang hadir dengan tema membangun bersama candi prambanan. Beberapa box-box yang telah diterima kemudian dirangkai pada aula Fakultas Teknik UMM membentuk replika candi prambanan yang megah. Kemudian material lain seperti kayu, karpet, triplek dan board lapangan telah datang sebelumnya pada awal februari dan telah dirangkai menjadi lapangan. Beberapa lapangan yang telah selesai pengerjaannya antara lain, lapangan besar kontes, lapangan labirint dan lapangan KRCI. Belum ada kabar terlebih lanjut untuk KRSI menggunakan lapangan yang sama dengan lapangan KRI.

Hal ini juga mendapatkan dukungan secara terus-menerus dari Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (DIKTI) dengan apresiasinya memantau dan melakukan evaluasi langsung pada tanggal 19 april 2010 silam bertepat pada ruang sidang rektorat Universitas Muhammadiyah Malang yang kemudian dilanjutkan dengan meninjau lapangan.

“Persiapan UMM dalam menyambut Kontes Robot Indonesia tahun 2010 sudah cukup matang dan melihat dari fasilitas yang ada, UMM dirasa pantas sebagai penyelenggara.” Ujar Prof. Suryo Hapsono yang juga selaku direktur utama dari DIKTI.
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image